Spreadsheet adalah salah satu program aplikasi pengolah data di bawah operasi Windows. Spreadsheet berbentuk dasar mempunyai kolom dan baris. Dalam uraian ini diberikan adalah program Microsoft Excel.
Membuka file
· Pilih menu File-Open atau tekan Ctrl dan O, ikuti dengan nama file dan drive aktif.
Mengganti atau menambah data
· Buka file lembaran kerja Excel dengan menu pembuka.
· Letakkan penuding (pointer) pada sel yang akan diganti atau ditambahkan.
· Ketik data baru dan tekan ENTER.
· Isi sel akan berubah menjadi data baru.
· Untuk memperbaiki kesalahan angka atau huruf dapat dilakukan dengan menekan tombol F2 atau mengarahkan mouse pada kotak formula, kemudian lakukan pembetulan dengan bantuan mouse dan atau keyboard.
Menyimpan file
· Lembaran kerja Excel yang sedang aktif atau sudah diperbaiki.
· Arahkan mouse pada File – Save atau tekan Ctrl + S dan klik kiri.
· File akan tersimpan dengan nama sebelumnya.
Mencetak spreadsheet
· Buka sebuah file spreadsheet dengan menu pembuka.
· Pilih menu File – Print atau tekan Ctrl + P.
· Dan menghasilkan menu kontrol pencetakan, jika seluruh dokumen dicetak klik mouse pada kotak OK.
· Yang penting diperhatikan pada menu kontrol adalah kesesuaian perangkat yang terpasang pada sistem.
· Spreadsheet akan dicetak sampai selesai.

0 komentar