Program Microsoft Word adalah salah satu Word Processor yang digunakan dalam administrasi kantor dan unit di industri.
Dalam penggunaannya yang perlu dipahami sebagai dasar adalah:
· Membuat dokumen baru atau memanggil file dokumen
· Memeriksa ketikan
· Menyimpan file dokumen
· Mencetak dokumen ke kertas.
Membuat dokumen baru
· Dengan Microsoft Word di bawah Windows dokumen dapat dibuat dengan langkah seperti berikut:
· Klik Start – Programs – Microsoft Word atau Winword
· Akan tampil layar Word dengan file dokumen1 kosong.
· Untuk menulis dapat dipilih jenis dan ukuran huruf dengan mengarahkan mouse pada kotak di atas ruler.
· Huruf yang dipilih dan dapat diubah dengan jenis yang lain.
· Selanjutnya dapat menulis dokumen.
Membuka dokumen Word
Dokumen word yang sudah disimpan dibuka dengan langkah seperti berikut:
· Aktifkan Program Word dan buka file dokumen dengan perintah File-Open
· Tuliskan atau pilih nama file sehingga dokumen muncul di layar monitor.
· Jika ada perbaikan pada kata atau teks tertentu, maka kita mengarahkan mouse pada huruf yang akan diperbaiki dan klik kiri kemudian diperbaiki dengan cara menghapus teks melalui tombol DEL. Untuk satu kata, kata tersebut diblok dengan mouse, tekan tombol
Menyimpan dokumen Word
· Dokumen dalam keadaan terbuka atau aktif.
· Adakan perbaikan atau perubahan jika diperlukan.
· Pilih menu File – Save atau File – Save As.
· Jika ingin ada perubahan nama atau drive dilakukan dengan File –Save As atau menekan tombol F12, dan tuliskan drive tujuan dan nama file-nya kemudian SAVE.
Mencetak dokumen Word
· Buka dokumen Word dengan menu pembuka.
· Siapkan printer agar dapat dipakai.
· Pilih Menu Pencetakan dengan cara klik mouse pada File-Print.
· Dengan menekan OK, maka dokumen akan dicetak pada printer yang tertera dalam kotak nama.
Menutup dokumen Word
· Dokumen dalam keadaan aktif
· Pilih Menu File – Close atau kombinasi tombol Ctrl dan F4 di keyboard
· Keluar dari Word dengan memilih File-Exit atau Alt dan F4.

0 komentar